Cara Mudah dan Murah Merawat Rantai Motor

Memiliki sepeda motor memang mempermudah aktivitas keseharian kita. Akan tetapi, agar alat transportasi itu awet dan tidak mudah rusak, tentu kita perlu merawatnya. Terlebih jika motor tersebut berjenis manual, khususnya yang memakai rantai dan tidak dilengkapi penutup penuh, kita harus ekstra merawatnya. Untuk itu, berikut Blogger Gundul sajikan cara mudah dan murah merawat rantai motor.

Umumnya, rantai motor bukan jenis  matic saat ini diluncurkan tanpa penutup sehingga daya tahan rantai pun sangat ditentukan oleh perawatan kita. Dengan mobilitas yang tinggi, rantai ini tentu sering bermasalah, khususnya ketika musim hujan tiba. Karatan adalah pemandangan yang sering kita temui pada rantai ini. Nah, untuk meminimalisirnya, umumnya kita sering menyemprotkan oli khusus rantai.

Merawat Rantai Motor
Cara Mudah dan Murah Merawat Rantai Motor
Berdasarkan pengalaman Blogger Gundul sendiri, melumasi rantai motor dengan pelumas khusus justru sering membuat rantai cepat kering, terlebih ketika habis terkena air. Alhasil, rantai justru mudah berbunyi ketika lupa tidak melumasinya. Hingga akhirnya seorang bengkel menyarankan Blogger Gundul untuk mengganti pelumas tersebut dengan oli mesin. Dengan logika pelumasan di dalam blok mesin, Blogger Gundul pun membenarkan saran praktis itu dan mulai mempraktekkannya. 

Berbekal saran itu pula, Blogger Gundul mengambil langkah-langkah mudah dan murah, yaitu:

  1. Membeli oli mesin yang berisi 1 liter, 0.8 liter dituang dalam mesin dan sisanya untuk pelumas rantai;
  2. Mencari botol kecap bekas dan membersihkannya, jika malas, sobat bisa membelinya di toko sebagai tempat sisa oli mesin tersebut;
  3. Menutup dan menyimpan sisa oli dalam botol kecap tersebut sebagai cadangan pelumas rantai.

Nah, dari langkah-langkah tersebut, saat ini Blogger Gundul lebih suka melumasi rantai sepeda motor dengan oli mesin. Hasilnya pun ternyata lebih awet, sehingga tidak harus setiap hari melakukan pelumasan, meski dalam kondisi matahari terik maupun musim penghujan. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk perawatan rantai tersebut pun menurun drastis.

Itulah cara mudah dan murah merawat rantai motor versi Blogger Gundul. Silahkan sobat mencobanya dan merasakan manfaatnya. Jangan lupa membersihkan rantai sebelum melumasinya agar kotoran tidak menempel permanent. Selamat mencoba dan salam.

Kategori:

1 komentar:

  1. wika lowrider31 Juli 2013 11.26

    Untuk tambahan saja, untuk membersihkan rantai lebih baik menggunakan minyak SOLAR bukan minyak tanah atau bensin. Karena kalo menggunakan minyak tanah ato bensin bisa mengikis atau menghilangkan grease yang ada di rantai, dan kalau grease sudah hilang disarankan untuk memberi grease disetiap pin rantai

    BalasHapus