Ciri-Ciri Hewan Kurban Yang Bagus

Sebentar lagi kita akan berjumpa dengan Idul Adha, yang sangat erat dengan penyembelihan hewan kurban. Semakin banyak umat yang ingin berkurban pada momentum suci tersebut yang saat ini membidik hewan-hewan sehat untuk dijadikan sumber amalnya. Sebenarnya, bagaimana melihat ciri-ciri hewan kurban yang sehat  dan bagus itu? Mari kita telusuri.

Menurut para ahli ternak, ada beberapa kriteria hewan kurban yang sehat dan bagus, yang dapat saja dilihat orang orang awan sekalipun. Setidaknya dengan memperhatikan beberapa hal dibawah ini, kita dapat menyimpulkan hewan kurban tersebut sehat atau tidak, yaitu:

  1. Tubuhnya tegap dan kokoh;
  2. Kulit tidak memiliki koreng maupun luka;
  3. Kaki normal dan tidak pincang;
  4. Mata jernih, terang, dan tidak keruh;
  5. Moncong hitam dan tidak ditumbuhi bulu;
  6. Kotoran normal, tidak encer;
  7. Testis lengkap (hewan jantan).

Nah, dengan mengamati ciri-ciri hewan hal diatas, sobat bisa menyimpulkan bahwa hewan kurban dalam kondisi sehat. Berbagai ciri dan syarat lain tentu juga harus diperhatikan namun dengan mengamati beberapa hal tersebut, sobat setidaknya telah mengambil kesimpulan awal untuk membeli hewan tersebut sebagai hewan kurban.

Itulah beberapa hal tentang ciri-ciri hewan kurban yang sehat dan bagus versi Blogger Gundul. Semoga bermanfaat dan selamat berkurban. Semoga amal ibadah sobat diterima sebagai bekal di kehidupan kekal selanjutnya. Salam

Kategori:

4 komentar:

  1. @Smp: Makasih supportnya, sukses selalu..

    BalasHapus
  2. @Aragorn Zan: Monggo, silahkan Sob...Mari saling berbagi...

    BalasHapus