Tips Mengusir Tikus Rumah yang Membandel

Advertisement

Tikus rumah merupakan binatang pengerat yang tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, namun juga bagi keamanan property penting kita, khususnya dokumen-dokumen pribadi.  Tidak jarang dengan gigi-giginya yang tajam, almari di kamar kita jebol dan file-file penting kita hancur dicacah untuk dijadikan sarang mereka. Nah, untuk meminimalisir dampak serangan tikus rumah tersebut, berikut Blogger Gundul sajikan tips mengusir tikus rumah yang membandel.

Mengusir tikus pada dasarnya harus berpijak pada kharakteristik tikus itu sendiri. Khusus untuk tikus rumah, mereka umumnya memiliki bentuk tubuh yang kecil, lincah, memiliki penciuman tajam, dan menyukai tempat-tempat gelap untuk bersarang. Dari kharakteristik tersebut, kita dapat memanfaatkan beberapa cara untuk mengusir tikus rumah. Apa saja itu? Mari kita ulas satu persatu:

Tips Mengusir Tikus Rumah yang Membandel

Kapur Barus (Kampers)
Kapur barus umumnya memiliki aroma yang wangi dan membuat tikus enggan mendekat. Untuk menjaga agar tikus bersarang di almari sobat sekalian, taburkan kapur barus secukupnya pada sudut-sudut almari sobat, khususnya yang memungkinkan tikus bersarang dan beranak-pinak. Selain dapat menghilangkan bau apek, kapur barus juga menjadi salah satu sarana pengusir tikus yang cukup efektif.

Minyak Wangi
Tikus tidak suka dengan wewangian padahal indera penciumannya sangat sensitif dan tajam. Untuk itu, menempatkan atau menyemprotkan minyak wangi secara teratur ke tempat-tempat dimana tikus kemungkinan bersarang akan meminimalisir keberadaan hewan pengerat tersebut. Untuk mengoptimalkan fungsinya, pakailah kain atau benda-benda lain yang mampu menahan bau wewangian tersebut dalam jangka waktu lama. Letakkan kain tersebut di sudut-sudut yang dicurigai akan dijadikan sarang tikus.

Bahan-bahan Alami
Cara mengusir tikus rumah memakai bahan-bahan alami dapat saja kita lakukan dengan menyesuaikan efek dari bahan tersebut. Dari beberapa jenis bahan alami, berikut yang dapat kita gunakan untuk mengusir tikus dari rumah: daun cengkeh, bubuk merica, daun sirsak, minyak kayu putih, dun tembakau, dan lain sebagainya. Sobat dapat mencampur bahan-bahan etrsebut sedemikian rupa sehingga menghasilkan barahn baru yang memiliki aroma serupa. Umumnya, bahan-bahan tersebut dicampur dengan minyak dan bulatan kapas lalu diletakkan di sudut-sudut rumah yang menjadi jalan bagi masuknya tikus.

Alat Modern
Alat pengusir tikus saat ini semakin banyak jenis dan modelnya. Dari rangkaian elektronik pengusir tikus hingga umpan beracun. Rangkaian elektronik pada dasarnya menghasilkan gelombang dengan frekuensi tertentu yang dipercaya mampu membuat tikus enggan mendekat. Alat pengusir tikus ini dijual bebas di toko-toko elektronik, sementara umpan beracun dijual di super market atau toko-toko pertanian.

Upaya Pencegahan
Upaya mencegah tikus masuk ke rumah adalah cara terbaik untuk mengusir tikus dari tempat tinggal kita. Dari beberapa syarat yang harus dipenuhi agar rumah terbebas dari serangan tikus, berikut beberapa diantaranya:
  1. Menutup lubang-lubang yang mungkin  dilalui tikus untuk masuk rumah;
  2. Memberikan akses cahaya yang cukup pada setiap ruangan agar udara tidak lembab sehingga menarik perhatian tikus untuk bersarang;
  3. Sering-sering membersihkan almari dan memberinya wewangian agar bau tidak apek dan mendorong tikus bersarang;
  4. Membuang sisa-sisa makanan yang ada di dapur atau di ruang manapun karena makanans erring membuat tikus mendekat dan ketagihan berkunjung;
  5. Melenyapkan bau-bau yang berhubungan dengan tikus, baik di tempat-tempat yang pernah dilaluinya dengan bahan lain yang beraroma menyengat, seperti kopi, parfum, maupun kapur barus.
Itulah tips mengusir tikus rumah yang membandel versi Blogger Gundul. Banyak sekali dampak yang ditimbulkan oleh invasi tikus di rumah kita, baik bagi kesehatan yaitu berkembangnya kemungkinan penyakit pes hingga rusaknya dokumen-dokumen penting kita. Jadi, jangan biarkan hewan pengerat ini menduduki tempat tinggal kita. Salam.

5 komentar:

Dhimas Kirana mengatakan...

karena saya suka kucing, saya pelihara kucing untuk mengusir tikus di rumah saya juga... :D

Blogger Gundul mengatakan...

@Dhimas Kirana: Wah, kucingnya mesthi keluaran lama Bro, keluaran saat ini kebalikan, pada takut ama tikus, hahahhahaha..Thanks dah mampir..

alat pengusir tikus mengatakan...

menambahkan sedikit yan mas, tikus juga tidak tahan dengan bau buah mengkudu, buah bintaro dan buah durian, jadi boleh di bilang itu buah pengusir tikus juga, boleh di cobain, saya ada banyak tips mengusir tikus yang manjur...mampir ya...

Blogger Gundul mengatakan...

@Alat Pengusir Tikus: Yups, dengan kelebihan indera penciuman tikus yang tajam, kita dapat memanfaatkannya justru untuk mengusirnya, termasuk dengan buah-buahan yang berbau menyengat. Makasih dah mampir Sob...

Herman mengatakan...

Kalo di rumah saya, pake wewangian kayak peppermint/spearmint disimpen didaerah yang mereka lewatin. Ini juga cukup ampuh.

Tapi dari semuanya, tetep aja mencegah tikus datang & bersarang lebih baik. Syaratnya mudah kayak yang mas blogger gundul sebutkan. Jaga kebersihan.

Tapi susah dipraktekan. :p

Poskan Komentar

 

Blogger Gunungkidul Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger