Alternatif Kegiatan Mengisi Weekend

Ketika hari Sabtu tiba, sebagian dari kita dapat menikmati liburan akhir pekan. Waktu luang pun tersedia untuk kita optimalkan. Akan tetapi, tidak sedikit dari kita yang justru bingung untuk menentukan kegiatan apa yang sebaiknya dilakukan dalam mengisi hari libur tersebut. Nah, untuk membantu sobat memanfaatkan weekend agar lebih bermakna, berikut Blogger Gundul berikan beberapa alternatif kegiatan mengisi week-end.

Umumnya, weekend sering kita isi dengan liburan ke obyek-obyek wisata atau berbelanja di mall. Aktivitas ini umum dilakukan sehingga tentu kita justru akan menjumpai kerumunan orang yang melakukan hal serupa. Alih-alih ingin refresh dari rutinitas, justru desak-desakan dan kondisi kurang nyaman pun akan kita rasakan. Tentu, sebagai alternatifnya, sobat dapat melakukan aktivitas lain yang mungkin tidak umum dilakukan seperti:

Merapikan rumah
Merapikan rumah ini dapat sobat mulai dengan membersihkan kamar tidur, mengeset ulang tata letaknya, atau menata kembali file-file yang mungkin saja berantakan. Menata ulang perabot dalam ruangan serta merapikan segala macam barang di dalamnya dipercaya akan memberikan nuansa yang berbeda sehingga memicu antusiasme baru bagi penghuninya.

Berkebun
Berkebun menjadi sebuah alternatif kegiatan yang sarat makna dan manfaat. Berkebun dapat memicu kreativitas kita karena menuntut kita berpikir dari sisi keindahan sekaligus meningkatkan produktivitas. Berkebun tidak harus memiliki lahan yang luas dengan hasil yang melimpah karena sesempit apapun halaman kita, berkebun tetap dapat dilakukan dengan jenis tanaman yang dapat disesuaikan.

Mengunjungi kerabat atau saudara
Berkunjung ke rumah kerabat atau saudara tidak hanya mampu memberikan pengalaman menarik di tengah rutinitas kita sehari-hari. Kegiatan ini akan mampu membangun sebuah ikatan persaudaraan sekaligus menyadarkan kita bahwa kehidupan ini tidak hanya untuk bekerja dan mencari uang. 

Servis Kendaraan
Tidak jarang karena rutinitas yang sangat padat, alat transportasi pribadi kita sering terabaikan, padahal alat tersebut sangat vital serta menjadi tumpuan kita sehari-hari untuk menuju tempat kerja. Tentu dengan frekuensi penggunaan yang rutin tersebut, kendaraan kita membutuhkan perawatan rutin. Meski saat ini banyak jasa servis kendaraan yang dapat dipanggil melalui telepon, membawa alat transportasi tersebut langsung ke bengkelnya mampu memberikan pengalaman berharga bagi kita.

Berkreasi
Berkreasi di sini dapat diartikan melakukan aktivitas produktif yang tidak biasa kita lakukan seperti membuat mainan sendiri bagi anak-anak, menambah interior rumah, menjalankan bisnis sampingan, hingga menulis buku. Berkreasi ini tidak hanya memicu semangat baru namun juga peluang usaha baru jika kita lakukan dengan sepenuh hati.

Itulah beberapa alternatif kegiatan mengisi weekend yang dapat sobat lakukan agar terhindar dari kejemuan akibat rutinitas yang kadang sangat membosankan. Dengan melakukan aktivitas yang berbeda dari biasanya, para ahli percaya bahwa pikiran dan jiwa akan lebih fresh dan siap kembali menjalani rutunitas dengan semangat prima. Semoga bermanfaat dan selamat beraktivitas.

Cara Mengembalikan File di Memory Card yang Terhapus

Kadang kita dihadapkan pada masalah hilangnya file-file di memory card, baik karena terhapus secara tak sengaja atau karena kena format. Bingung, pusing, dan pasrah sering kita rasakan ketika hal tersebut menimpa file-file yang super penting dan mendesak untuk dipakai. Nah, sebagai solusinya, berikut Blogger Gundul sajikan cara mengembalikan file di memory card yang terhapus.

Pada dasarnya,  untuk mengembalikan file di memory card karena di format atau terhapus secara tak sengaja, banyak sekali program-program yang dapat kita manfaatkan. Hanya dengan mengetik kata kunci card recovery, file recovery, dan sejenisnya di mesin pencari, puluhan program akan sobat temukan dan siap untuk diunduh. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan dalam hal ini yaitu:

Status Software
Perangkat lunak (software) untuk mengembalikan data yang terhapus tersebut ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Umumnya, software yang gratis kemampuannya jauh dibawah software yang berbayar. Hal ini lumrah dan tentu sangat logis karena untuk membuatnya, dibutuhkan perjuangan khusus. Pembuatnya pun tentu tidak akan membagikan kreasinya tanpa imbalan tertentu.

Cara Download
Pada saat sobat diminta untuk download pembuat program tersebut, pastikan keamanannya karena tidak jarang software-software seperti itu disisipi virus yang akan mendatangkan masalah baru bagi sobat. Untuk lebih amannya, lengkapi perangkat sobat dengan anti virus serta proteksi yang mumpuni lainnya agar terhindar dari bahaya yang lebih serius.

Harga Software
Software untuk mengembalikan file yang terhapus dari memory card beraneka ragam harga dan kemampuannya. Agar efektif dan efisien, pastikan sobat memilih software yang sesuai kebutuhan. Umumnya, software tersebut juga dibanderol dengan satuan Dollar sehingga sobat harus memanfaatkan jenis-jenis pembayaran di dunia internet.

Nah, itulah sekilas tentang cara mengembalikan file di memory card yang terhapus. Memang tidak ada yang sepenuhnya gratis di internet. Sekecil apapun, sobat harus mengeluarkan biaya untuk memperolehnya, minimal biaya pulsa untuk koneksi. Semoga bermanfaat. Salam. 

Cara Agar Sepatu Awet dan Tidak Mudah Jebol

Seringkali kita kecewa dengan sepatu yang kita beli ternyata mudah jebol, terlebih jika terkena air hujan. Meski harganya mahal dan bermerk ternama, kerusakan ini tetap saja terjadi. Hal ini dikarenakan meski dibuat dengan bahan berkualitas tinggi, lem perekat sepatu tersebut tidak selalu mampu menahan resapan air dan kotoran dalam jumlah banyak. Nah, sebagai upaya pencegahan, berikut Blogger Gundul sajikan cara agar sepatu awet dan tidak mudah jebol.

Pada dasarnya, kualitas sebenarnya dari sepatu tidak hanya ditentukan oleh popularitas merek, bahan, maupun modelnya, namun juga lem perekatnya yang kadang berbeda satu sama lain. Seperti halnya ketika suatu saat, Blogger Gundul memiliki dua buah sepatu dengan merk terkenal salah satunya, dan satunya lagi tanpa merk. Setelah beberapa kali pemakaian, kedua sepatu tersebut harus berhadapan dengan musim hujan dan air pun masuk didalamnya. Alhasil, keduanya basah.

Kondisi basah ini memang dapat teratasi dengan menjemur keduanya di terik matahari. Pagi dijemur, sorepun siap pakai. Akan tetapi, permasalahan muncul ketika ternyata sepatu yang bermerk tidak mampu menahan guyuran air tersebut sehingga lepas dari solnya (bagian alas kaki atau sering disebut telapak sepatu). Sementara itu, sepatu yang tidak bermerk justru masih bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Belajar dari pengalaman tersebut, Blogger Gundul saat ini selalu melakukan pencegahan agar sepatu awet dan tahan air, yaitu dengan membawanya ke tukang sol. Jika sobat belum mengetahui apa itu sol sepatu, sobat bisa mendatangi jasa servis sepatu terdekat dan minta tukang sol untuk menge-sol sepatu, yaitu menjahit dengan benang khusus bagian alas dengan bagian atas agar daya rekat lem bawaan pabriknya tetap terjaga. Sol tidak hanya menambah lem perekat namun juga menjahitnya dengan benang khusus yang lebih besar dari benang jahit biasa.

Bahkan pada sepatu trekking, Blogger Gundul juga menerapkan pencegahan jebol ini karena memang benang sol mampu memperkuat lem dan sepatu menjadi lebih tahan lama. Sobat tidak perlu pusing dengan benang sol yang mungkin akan merusak model karena umumnya, tukang sol memiliki metode tersendiri agar benang sol tidak kelihatan. 

Itulah sedikit pengalaman serta informasi tentang bagaimana caranya agar sepatu awet dan tidak mudah jebol. Dengan hanya sekitar 10 hingga 20 ribu Rupiah, sol sepatu akan menjadikan sepatu sobat lebih tahan lama dan bebas jebol. Semoga bermanfaat. Salam.

Alternatif Jalur Menuju Lokasi Pantai Indrayanti

Menuju Pantai Indrayanti memang gampang-gampang susah bagi kita yang belum pernah menginjakkan kaki di Kabupaten Gunungkidul. Untuk membantu sobat Blogger Gundul semua, berikut saya sajikan alternatif jalur menuju lokasi Pantai Indrayanti atau bernama resmi Pulang Syawal ini. Berikut informasi lengkapnya dapat sobat baca di sini.

Peta Arah Lokasi Goa Pindul Bejiharjo

Kali ini Blogger Gundul sajikan informasi tentang peta arah lokasi Goa Pindul Bejiharjo tersebut bagi sobat sekalian.Dari peta sederhana yang Blogger Gundul buat secara manual ini, saya berharap sobat lebih memahami jalur mana saja yang dapat sobat tempuh untuk menuju kesana. Berikut petanya:



Nah, itulah peta arah lokasi Goa Pindul yang dapat Blogger Gundul sajikan kali ini, lengkap dengan beberapa penjelasan tentang medan yang akan sobat lalui untuk mengunjungi obyek wisata unik tersebut. Selamat menjelajah keindahan Gunungkidul. Salam.

Jarak Aman Ideal Menonton TV

Di tengah serbuan TV-TV layar datar, baik berupa LCD, LED, maupun Plasma, yang ditawarkan dengan besaran layar diatas 24 inch, bahkan hingga 70 inch, ada suatu hal yang sering kita lupakan yaitu efek layar lebar tersebut terhadap mata kita. Nah, untuk mengulas kembali kesehatan mata ketika menonton televisi, berikut Blogger Gundul sajikan kembali informasi jarak aman ideal menonton TV

Pada jaman TV Tabung, para pakar kesehatan sering menyarankan bahwa untuk menikmati acara-acara TV, kita harus berada di jarak minimal lima kali ukuran diagonal TV yang kita tonton. Dengan kata lain, jika kita menikmati TV berukuran 40 inch, jarak aman ideal untuk menontonnya adalah 5 x 40 inch atau sekitar 5 meter. Tentu dengan asumsi tersebut, ruangan mana di rumah kita yang ideal untuk syarat tersebut?

Memang saat ini, Blogger Gundul belum menemukan informasi dan penelitian mendasar dan akurat tentang perbedaan efek TV Tabung dengan TV layar datar jenis LCD, LED, maupun Plasma terhadap kesehatan mata. Akan tetapi, menurut rumor yang beredar, efek TV Tabung jauh lebih besar. Nah, meskipun masih bingung, setidaknya ada beberapa hal yang dapat sobat lakukan untuk meminimalisir efek pencahayaan TV jenis apapun yaitu:

Usahakan tetap berada pada jarak yang aman
Seperti halnya saran dari para ahli kesehatan, jarak aman ideal menonton TV minimal adalah 5 x diagonal TV. Jika perlu, usahakan lebih dari jarak tersebut.

Seringlah berkedip dan tidak terlalu terpaku pada layar
Berkedip agar menjaga mata tetap bersih dan terlindungi dari kekeringan serta iritasi. Mata yang terlalu lama tidak berkedip akan membuat kelopak kering dan tidak baik bagi mata itu sendiri.

Nyalakan lampu ruangan
Agar pupil mata tidak terlalu keras bekerja, menyalakan lampu ruangan sebagai penyeimbang cahaya yang keluar dari TV sangat disarankan. Pada jangka panjang, pemaksaan mata untuk fokus pada satu cahaya memusat ini akan berakibat penglihatan terganggu.

Sesuaikan posisi menonton
Usahakan menonton dengan posisi duduk, dan tidak dalam posisi tiduran sehingga fokus mata dapat terjaga. Pada jangka panjang, ketidakfokusan mata dalam menonton akan berakibat buruk bagi daya penglihatan itu sendiri.

Atur waktu 
Menonton TV memang sangat mengasyikan jika acara-acara yang ditayangkan sesuai dengan keiningan dan ketertarikan kita. Akan tetapi, jangan terlalu asyik memaksakan mata untuk menonton hingga berjam-jam. Batasi sesuai kebutuhan masing-masing.

Itulah beberapa hal yang dapat sobat lakukan ketika menikmati acara-acara TV, salah satunya dengan memperhatikan jarak aman ideal menonton TV. Seiring popularitas TV-TV layar datar yang berukuran raksasa yang semakin berkembang, memanfaatkan ukuran TV yang sesuai dengan ruangan rumah tentu menjadi wujud perhatian akan pentingnya kesehatan. Semoga bermanfaat. Salam.

Kondisi Jalur Pendakian Merapi

Beberapa waktu yang lalu, setelah sekian lama absen dari dunia pendakian, saya berkesempatan menengok puncak Merapi yang dikabarkan telah berubah total permukaannya. Melewati rute barat yang dikenal dengan Jalur Babadan, tanggal 16 Agustus 2012 yang lalu saya menyusuri hampir seperempat lingkar Merapi yang memakan waktu hingga 6 jam ke puncak, dan berikut kondisi jalur pendakian Merapi menurut pengalaman saya.




Pada perjalanan 2 jam pertama, kondisi jalur Babadan masih seperti yang dulu, tidak mengalami perubahan yang berarti. Ladang cabai dan tembakau masih menjadi pemandangan umum sebelum masuk ke vegetasi hutan pinus kecil. Debu sisa letusan sebelumnya masih terlihat bekasnya namun tidak terlalu tebal karena terguyur air hujan beberapa waktu yang lalu.

Rute sedikit berubah ketika kita sampai di barat laut Merapi. Aliran lahar 1998 yang dulunya penuh dengan material dan memungkinkan kita menyeberang dengan aman berubah menjadi medan terjal yang menuntut pendaki mengambil rute turun ke kiri dan ekstra hati-hati, karena harus menuruni dan menaiki bibir aliran lahar yang curam dengan bebatuan yang relatif masih labil. Bahkan ketika berada di tengah aliran lahar tersebut, kita harus bergerak cepat karena sisa-sisa lahar dingin yang berupa pasir dan bebatuan dapat saja longsor menutupi jalur.

Setelah aliran lahar tersebut, jalan setapak kecil mulai tertutup semak-semak namun tetap menyuguhkan jalur pendakian yang khas. Pemandangan tersebut nampaknya masih sama seperti kondisi sebelum erupsi tahun 2006 dan 2010 yang lalu. Hingga Pasar Bubrah, jalan setapak jalur Babadan masih dapat dikenali dengan baik dan tetap menyugukan pengalaman pendakian yang tak terungkapkan.

Perubahan besar akan terlihat ketika memasuki Pasar Bubrah. Bebatuan yang dulunya berserakan seakan tinggal menyisakan beberapa titik inti sebagai penanda. Terlebih jalur ke puncak, pasir labil yang kadang menyuguhkan debu-debu tipis ketika tertiup angin memaksa pendaki mengambil rute memutar kekiri dan menyusuri bebatuan labil menuju ke puncak. 

Setelah di puncak, pemandangan baru seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki. Kekokohan Puncak Garuda telah sirna ditelah erupsi dahsyat beberapa waktu yang lalu, dan menyisakan bibir kawah yang sangat sempit, bahkan untuk berlindung dari terpaan angin sekalipun. Kawah mati yang dulunya populer di kalangan pendaki menjadi jurang yang sangat dalam hingga ratusan meter. 

Sedikit ke kanan, bebatuan besar yang dulunya dipasangi beragam alat pemantauan juga nampak telah berubah bentuk. Meski masih menyisakan spot-spot yang cukup luas, kelabilan batu dan kawah yang super aktif menjadikan lokasi puncak Merapi sangat menantang dan menyimpan sejuta risiko.

Dengan kondisi puncak tersebut, kita tidak dianjurkan untuk berlama-lama disana, dan diharapkan segera turun menuju jalur Selo. Meski cukup terjal dan licin, jalur Selo masih menawarkan rute yang paling cepat ke desa terakhir. Kondisi medan yang tidak terlalu banyak berubah membuat jalur ini cukup aman dilalui namun masih menyimpan debu-debu yang siap membuat kita belepotan, terlebih jika musim hujan tiba.

Itulah sedikit gambaran tentang jalur pendakian Merapi versi Blogger Gundul. Jika sobat ingin melakukan pendakian ke gunung yang sangat aktif ini, cek status terakhir dan koordinasikan dengan Tim SAR setempat. Selamat mendaki dan salam rimba!

Contoh Susunan Acara Syawalan

Setelah Libur Lebaran usai, seringkali kita dihadapkan pada acara-acara Syawalan, baik atas nama profesi, instansi, maupun keluarga. Ketika kita diserahi tugas untuk menyusun acara tersebut, sering kita bingung menentukan poin-poin apa saja yang akan kita masukkan dalam susunan acara. Nah, untuk menjawabnya, berikut Blogger Gundul berikan alternatif contoh susunan acara Syawalan yang dapat sobat manfaatkan.

Pada dasarnya, Syawalan memiliki beberapa arti dan makna, baik sebagai media saling memaafkan, silaturahim, koordinasi, maupun siraman rohani. Untuk itu, poin-poin dibawah ini dapat sobat pertimbangkan ketika diminta membuat susunan acara yaitu:
  • Pembukaan
  • Gema Wahyu Ilahi
  • Ikrar Syawalan
  • Tanggapan Ikrar Syawalan
  • Sambutan-sambutan
  • Hikmah atau Pengajian
  • Doa
  • Penutup
Dari susunan acara tersebut, seringkali Syawalan diakhiri denaan saling jabat tangan, dengan pemimpin atau tetua sebagai pusatnya. Setelah jabat tangan, masing-masing peserta berdiri untuk selanjutnya dijabat tangannya oleh peserta lain. Dengan interaksi ini, umumnya tercipta sebuah ikatan kedekatan antar sesama peserta.

Kadang, Syawalan juga diselingi dengan hiburan maupun perkenalan dari anggota baru sebagai salah satu ungkapan "permisi" sehingga seluruh peserta saling mengenal satu sama lain. Akan tetapi, pada dasarnya, inti Syawalan adalah untuk saling memaafkan dan bersilaturahim sehingga poin penting dari acara seperti ini adalah ikrar, tanggapan ikrar, dan jabat tangan.

Nah, jika sobat menghendaki acara Syawalan lebih interaktif, buatlah susunan acara sedemikian rupa sehingga mampu menggugah partisipasi semua peserta dan terjadi interaksi yang intensif antara mereka. Itulah contoh susunan acara Syawalan versi Blogger Gundul. Semoga bermanfaat dan selamat bertugas.

Makna Tradisi Syawalan

Syawalan bagi masyarakat Indonesia nampaknya semakin populer. Tradisi yang sering dilaksanakan setelah Sholat Idul Fitri ini semakin menjamur dan tidak hanya dilaksanakan oleh Umat Islam, namun juga masyarakat pada umumnya dalam bingkai keluarga, ikatan tertentu, kesamaan profesi, ataupun lembaga. Sebenarnya, apa yang mendasarinya? Berikut makna tradisi Syawalan yang sering menjadi landasan mereka dalam melestarikan tradisi ini.

Secara umum, ada beberapa makna yang terkandung dalam tradisi Syawalan yang saat ini sering kita temukan di tengah masyarakat. Dari fakta-fakta yang dapat Blogger Gundul temukan, berikut beberapa diantaranya:

Ajang saling memaafkan
Syawalan merupakan momen yang tepat untuk saling memaafkan agar hati kita kembali bersih, fitrah. Dengan saling berjabat tangan dan memaafkan secara tulus ikhlas, khilaf dan salah kita terhadap sesama akan luntur dengan sendirinya. 

Media silaturahim
Syawalan menjadi sebuah media silaturahim yang sangat efektif. Dengan Syawalan, ikatan persaudaraan antar peserta dapat semakin erat terjalin, terlebih jika dikemas dalam acara yang interaktif, ajang perkenalan pun menjadi lebih menarik dan menumbuhkan semangat persaudaraan yang mendalam.

Bertukar Informasi
Melalui acara Syawalan, beragam informasi dapat dibagi dan disalurkan ke penerima dengan efektif. Dalam lingkup keluarga, sering Syawalan dijadikan media penyebaran informasi tentang peluang kerja yang mungkin saja dibutuhkan oleh para anggota keluarga yang sedang mencarinya. Dengan hubungan kekeluargaan, bahkan ikatan kerja dapat saja terbentuk melalui media Syawalan.

Sarana koordinasi 
Syawalan juga sering dijadikan sarana koordinasi. Dalam lingkup keluarga besar, koordinasi ini sering berisi tentang rencana membangun pendopo di rumah bekas orang tua untuk dijadikan tempat bertemu dan berkumpul pada momen-momen tertentu, membagi jadwal merawat orang tua, hingga menentukan tugas anggota keluarga dalam melestarikan warisan orang tua.

Berbagi rizki
Sering Syawalan dijadikan ajang membagi rizki dari anggota keluarga yang sukses kepada anak-anak dari anggota keluarga lain yang secara finansial dibawah anggota tersebut. Hal ini umumnya dilakukan dengan membagi-bagi recehan kepada semua anak kecil yang dibawa dalam acara Syawalan tersebut.

Itulah beberapa makna tradisi Syawalan yang dapat Blogger Gundul simpulkan dari pengalaman serta wawancara selama ini. Sobat dapat saja menambahkan makna tersebut sehingga khasanah pengetahuan kita akan manfaat tradisi yang sangat positif ini dapat bertambah. Semoga bermanfaat. Salam.


Fakta tentang Pemudik


Berbicara tentang pemudik, ada beberapa hal unik yang mungkin jarang kita perhatikan, terlebih ketika kita hanya melihat mereka hanya dari sisi kepadatan lalu lintas. Sebenarnya, ada sejumlah keunikan yang melekat kepada para pemudik, dan berikut beberapa faktanya yang sempat Blogger Gundul temukan.

Dari realita selama ini, didukung oleh wawancara dengan sejumlah pemudik, Blogger Gundul dapat menyimpukan sejumlah fakta tentang pemudik yaitu:

Ingin bersilaturahim
Mayoritas pemudik merencanakan mudik untuk bersilaturahim dengan keluarga dan menyambung rasa persaudaraan yang telah terjalin diantara mereka. Meski alat komunikasi saat ini serba canggih, yang memungkinkan pengguna dapat ber-teleconference, keinginan bersilaturahim secara langsung masih menjadi harapan dalam setiap momen Lebaran.

Mengikuti tradisi
Mudik telah menjadi tradisi unik yang nampak lestari di tengah masyarakat Indonesia. Keunikan ini tentu jarang atau mungkin tidak terjadi di negara lain. Hampir setiap Lebaran tiba, mudik menjadi sebuah fenomena tahunan yang semakin menarik dalam kacamata apapun di negeri ini.

Disertai perjuangan
Pemudik telah dengan niat dan tekad bulat melakukan kegiatan mudik, meski harus disertai perjuangan, yaitu harus menempuh lalu lintas yang super padat, tiket yang berlipat dari hari biasa, hingga waktu yang kadang sangat terbatas. Perjuangan ini menjadi sebuah tantangan menarik yang justru sangat berkesan bagi mereka.

Tidak setiap tahun
Pemudik tidak selalu setiap tahun melakukan kegiatan mudik. Hal ini dikarenakan tidak semua orang mampu melakukannya, khususnya terkait kemampuan financial. Untuk mensiasatinya, mereka kadang melakukannya secara selang-seling, tahun ini mudik, tahun depan tidak, dan hal tersebut berulang setiap waktu.

Mobil tidak selalu miliki sendiri
Seringkali masyarakat perdesaan menilai kesuksesan pemudik dari mobil mewah yang dibawanya, akan tetapi sebenarnya tidak semua mobil yang dibawa tersebut milik pemudik itu sendiri, namun milik persewaan mobil yang banyak beterbaran di penjuru kota. Hanya dengan kisaran ratusan ribu hingga beberapa juta Rupiah per hari, pemudik bisa membawa pulang mobil itu sebagai alat transportasi utama.

Membawa teman/keluarga ketika kembali ke kota
Meski tidak semua, kadang pemudik yang sukses bekerja dan membangun bisnis di kota mengajak rekan atau saudaranya untuk mengais rizki bersamanya. selain karena ikatan keluarga, faktor kepercayaan terhadap keluarga sendiri sering menjadi landasan utama ajakan tersebut.

Itulah beberapa fakta unik tentang pemudik. Dinamika kehidupan di kota-kota besar sering menjadi inspirasi bagi pemudik untuk kembali mengais rizki di kota meski tidak semuanya berhasil dengan kesuksesan. Semoga bermanfaat. Salam.

Contoh Ikrar Syawalan Bahasa Jawa

Di tengah tradisi Syawalan yang erat di masyarakat, sering kita dihadapkan pada tugas menjadi wakil keluarga untuk membacakan ikrar di depan semua anggota trah. Tugas mendadak ini sering membuat kita pusing tujuh keliling, terlebih jika harus dalam Bahasa Jawa. Nah, untuk meringankan tugas sobat sekalian, berikut Blogger Gundul berikan contoh ikrar Syawalan Bahasa Jawa.


Bismillahirohmaanirohiim,
Assalaamu’alaikum Warohmatulloohi Wabarokaatuh,

Alhamdulillahirobbil’alamiin, puja puji syukur sumongga kita konjukaken dhumateng Gusti Alloh Ingkang Maha Kuwaos, ingkang sampun paring rohmat, hidayah, lan inayah-Ipun saenggo kita saged ngleksanakaken Syawalan Trah Michael Pariyo kanthi wilujeng. Mugi-mugi hadicara puniko samangke saged kaleksanan kanthi sae, soho nambah raketipun kaluwarga ageng Trah  Michael Pariyo 

Ingkang kawulo hurmati, Para Sepuh, Pinisepuh Trah Eyang  Michael Pariyo, Sanak Kadang Magersari, lan Kadang Werda Taruna ingkang kawulo tresnani,

Matur nuwun awit paring wekdalipun dhumateng kulo. Saderengipun kawulo nyuwun pangapunten cumantoko ngadek sak wentawis wonten ngerso jengandika sami, awit nuhoni dhawuhipun para kadang supados hamakili matur saking putra wayah kaluwarga ageng suwargi Eyang  Michael Pariyo .

Ingkang sepindah, karono puniko dinten Riyadi, putra wayah ngaturaken Sungkem Pangabekti dhumateng Pinisepuh sedaya.

Ingkang Kaping Kalih, karono wekdal puniko dinten ingkang sae, sedaya putra wayah ngaturaken sedaya kalepatan, sae ingkang kasengaja, punopo mboten kasengaja dhumateng Para Sesepuh, Pinisepuh, Sanak Kadang, Magersari, lan mitro ruwang sedayanipun. Mugi-,mugi kalepatanipun putro wayah saged kaparingan pangapunten awit saking pangestunipun Para Sesepuh sedaya.

Ingkang sak lajengipun, putro wayah sedaya nyuwun donga pangestu mugi-mugi angenipun lelumban wonten samudraning bebrayan pinaringan ayem tentrem, lajeng inkang taksih pasinaon pinaringono kelancaran, lan ingkang wonten puruk tinebihno ing rubedo.

Cekap semanten anggen kawulo matur. Mbok bilih wonten tumpangsuhipun, mboten puniko hangirangi subo sito hananging awit saking cublukipun pangerstosan kawulo.

Akhiru kalam,
Wabillahi taufik wal hidayah
Wassalammu’alaikum Warohmatulloohi Wabarokhaatuh.

Demikian contoh ikrar Syawalan dalam Bahasa Jawa. Tentu masih banyak kekurangan dan ketidaksempurnaan dalam ikrar ini namun setidaknya sobat dapat menambahkan poin-poin penting serta tata bahasa yang lebih tepat. Semoga bermanfaat dan selamat bertugas.

Pengurusan Surat Keterangan Pindah KTP


Seringkali sehabis Lebaran, banyak warga yang ingin mengurus perpindahan KTP, baik dari desa ke kota untuk mencari kerja maupun dari suatu daerah ke daerah lain karena pernikahan. Nah, untuk memudahkan gambaran pengurusan dokumen tersebut, berikut Blogger Gundula berikan informasi terkait pengurusan Surat Keterangan Pindah KTP.

Secara ringkas, untuk dapat pindah KTP, kita dapat mengurusnya melalui langkah-langkah berikut:
  • Mencabut status kita dari tempat asal, yang dapat dilakukan dengan mengurus surat pengantar dari RT, RW, dan Desa;
  • Mengisi formulir kepindahan yang dapat diminta di Kantor Desa;
  • Melengkapi syarat-syarat kepindahan yang umumnya berupa foto kopi KTP, KK, Akte, Surat Nikah, Ijazah, pas foto;
  • Membawa Surat Pengantar kepindahan tersebut ke daerah tujuan;
  • Mengurus KK dan KTP baru sesuai alamat tujuan dengan mengisi formulir dan melengkapinya dengan syarat-syarat lain (biasanya pas foto);
  • Menunggu KK dan KTP baru diproses dan diserahkan. 

Sebenarnya, perpindahan penduduk dapat dibedakan menjadi:
  1. Perpindahan antar desa dalam satu kecamatan;
  2. Perpindahan  antar kecamatan dalam satu kabupaten;
  3. Perpindahan  antar kabupaten dalam satu provinsi;
  4. Perpindahan  antar provinsi dalam satu negara;
  5. Perpindahan  antar negara. 

Dengan cakupan wilayah yang berbeda, tentu persyaratannya pun akan sedikit berbeda, khususnya terkait pihak yang mengeluarkan Surat Keterangan Pindah tersebut. Nah, agar lebih jelasnya, sobat dapat menanyakan ke Pemerintah setempat. Akan tetapi, agar sobat tidak wira-wiri dalam mengurusnya, ada beberapa dokumen yang hendaknya sobat persiapkan untuk mengurusnya yaitu:
  • Kartu Tanda Penduduk
  • Kartu Keluarga
  • Akte Kelahiran
  • Surat/Akta Nikah (jika sudah menikah)
  • Ijazah terakhir
  • Pas Foto 2x3, 3x4, serta 4x6
Itulah beberapa informasi penting dalam pengurusan Surat Keterangan Pindah KTP yang mungkin akan sobat perlukan jika memutuskan untuk meninggalkan alamat lama untuk mengadu nasib di alamat baru. Semoga lancar dan selamat berjuang meraih kehidupan yang lebih baik. Salam.

Tips Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran


Setelah menikmati libur Lebaran selama seminggu penuh atau bahkan lebih,  kita mungkin dihadapkan pada perasaan malas, lesu, dan tidak bergairah dalam memulai rutinitas kerja. Bayangan tugas yang menumpuk, kerinduan yang belum terobati, serta kondisi badan yang belum sepenuhnya fit menjadikan hari-hari pertama kerja terasa berat. Untuk mengatasinya, berikut Blogger Gundul sajikan tips semangat kerja setelah libur Lebaran.

Bangun pagi
Dengan kebiasaan sahur di waktu Lebaran, sobat bisa melestarikan kebiasaan tersebut dengan tetap bangun pagi dan mulai beraktivitas lebih awal. Bangun pagi akan membuat tubuh menjadi lebih siap beraktivitas.

Olahraga ringan
Olahraga ringan dapat berupa stretching maupun push up di dalam rumah. Lari-lari kecil di sekitar rumah juga dapat menjadi alternatifnya.

Niat dilandasi ibadah
Setelah mempersiapkan diri berangkat kerja, jangan lupa melandasinya dengan niatan ibadah sehingga hasilnya lebih berkah. Niat adalah awal yang baik untuk memfokuskan diri dalam beraktivitas.

Minum air putih yang banyak
Pada jam kerja, usahakan membekali diri dengan air putih yang banyak sehingga kebutuhan cairan tubuh senantiasa tercukupi. Kekurangan air putih dapat menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah, letih, dan lesu.

Membawa camilan
Makanan sisa Lebaran dapat sobat bawa ke tempat kerja dan menikmatinya bersama teman sekerja. Makanan ini akan mensuplai kebutuhan tubuh yang belum sepenuhnya siap untuk beraktivitas rutin.

Berpikir positif
Pikirkan tentang berbagai hal positif, baik yang berhubungan dengan pengalaman selama Lebaran ataupun harapan-harapan baru yang ingin sobat capai kedepan. Berpikir positif menjadi sebuah kekuatan internal bagi tubuh untuk beraktiviats secara lebih enerjik.

Itulah tips semangat kerja setelah Liburan Lebaran. Sobat dapat saja meramu langkah-langkah tersebut dengan trik tersendiri untuk menjadikan hari-hari pertama lebih bersemangat sehingga menciptakan hasil yang lebih optimal. Selamat bekerja dan salam sukses.

Spek dan Review LG Optimus L5 Android Phone



Pertarungan smartphone kembali bergolak dengan datangnya produk baru besutan LG yang beri label LG Optimus L5. Setelah sebelumnya mengeluarkan seri L3 dan L7, ternyata LG kembali menyisipkan produk tersebut sehingga menambah panjang deretan ponsel Android di pasaran saat ini. Mulai tersedia bebas di pasaran, berikut spesifikasi dan review LG Optimus L5.

Spek dan Review LG Optimus L5 Android Phone

LG Optimus L5 Android Phone memiliki desain yang sangat menawan. Jika produk-produk lain dihadirkan semakin feminim, dengan khas ujung tepi layaknya kapsul, gadget ini justru tampil dengan sudut yang sangat maskulin, menjadikannnya unik, elegan, dan berkelas. Dengan dimensi 118.3x66.6x9.9 mm dan berat hanya 125 gram, ponsel Android ini nampak ringan dan nyaman di tangan.

LG Optimus L5 Android Phone dilengkapi dengan layar lega 4 inch berjenis capacitive touchscreen dengan resolusi 320x480 piksel. Tiga tombol utama yang dapat menghantar penggunanya untuk akses menu, kembali ke menu sebelumnya, serta beranda (home) menjadikan tampilan depan ponsel Android ini sangat atraktif.

Menengok kedalam fitur-fitur andalannya, LG Optimus L5 Android Phone dibekali dengan prosesor berkekuatan 800 MHz, memori internal 4 GB, dan RAM 512 MB. Dengan kekuatan tersebut, ponsel ini ditanami sistem operasi Android ICS untuk memberikan nuansa pengalaman ber-Android versi ponsel terbaru. Selain itu, kamera 5 mega piksel juga melengkapi LG Optimus L5 Android Phone ini, yang dipasang di bagian belakang , dengan dukungan  LED Flash untuk pemotertan di suasana gelap.

Untuk menjalankan fitur-fitur mumpuni tersebut, LG Optimus L5 Android Phone dilengkapi dengan baterai Li-Ion berkapasitas 1.500 mAh. Menurut informasi yang Blogger Gundul terima, LG Optimus L5 Android Phone ini dibanderol sekitar Rp. 1,99 juta dan termasuk smartphone mid-end.

Masih penasaran dengan fitur-fitur lainnya? Berikut spesifikasi LG Optimus L5 Android Phone secara lebih lengkap: 
  • Bekerja pada jaringan GSM, EDGE, HSDPA, dan HSUPA
  • Berdimensi   118.3 x 66.5 x 9.5 mm
  • Berat   125 gram
  • Berlayar 4 inch Kapasitif touchscreen, 16 juta warna
  • Chipset Qualcomm MSM7225A Snapdragon
  • CPU 800 MHz Cortex-A5 dan GPU Adreno 200
  • Memori internal 4 GB storage, 512 MB RAM
  • Tersedia slot memori eksternal hingga 32 GB
  • Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot
  • Kamera 5 megapiksel dengan dukungan fitur touch focus dan geo-tagging
  • Sistem Operasi Android OS, v4.0 (Ice Cream Sandwich)
  • Accelerometer, proximity, compass
  • Browser HTML
  • Radio Stereo FM radio
  • GPS dengan A-GPS support
  • Java via Java MIDP emulator
  • Tersedia dalam warna Hitam dan putih
  • Standard battery Li-Ion 1500 mAh 
Itulah spesifikasi, harga, dan review LG Optimus L5 Android Phone. Mungkin jika sobat ingin memanfaatkan liburan Lebaran tanpa harus kehilangan momen berinternet ria, ponsel ini dapat menjadi alternatifnya. Semoga bermanfaat. Salam.

Android Lokal Murah, Polytron W2400

Menyambut Lebaran ini, mungkin sobat memerlukan ponsel Android lokal murah, seperti Polytron W2400. Dengan fitur-fitur yang mumpuni dan banderol harga yang tidak terlalu menguras dompet, gadget ini nampaknya layak sobat pertimbangkan untuk menemani masa-masa liburan bersama keluarga. Berikut spesifikasi Android lokal murah Polytron W2400.

Android lokal murah yang bernama Polytron Wizard W2400 ini merupakan produk terbaru Polytron yang mulai merambah dunia seluler. Dibekali dengan prosesor berkecepatan 1 GHz, gadget ini menjadi sebuah pilihan dari sekian banyak produk-produk Android di pasaran saat ini. Terlebih, Android lokal murah yang bernama Polytron Wizard W2400 ini juga dihadirkan dengan layar lega, 4 inch berteknologi IPS sehingga mampu menghasilkan gambar yang tajam dan jernih. 


Disisi alat pengambilan foto, Polytron Wizard W2400 telah dilengkapi dengan kamera berkekuatan 5 mega piksel dengan auto focus.  Dukungan fitur-fitur canggih seperti GPS, Blueetooth, WiFi, proximity sensor pada gadget Android lokal ini tentu menambah daya saingnya yang seakan teruji di tengah serbuan produk-produk ternama lainnya.


Akan tetapi, dibanding produk-produk Android bermerk terkenal yang  sekarang ini telah memenuhi pasaran dalam negeri, Polytron Wizard W2400 memiliki fitur unggulan yang tidak mereka miliki, yaitu kemampuannya mendukung dual SIM card. Dengan kemampuan ini, dipadukan tuntutan masyarakat Indonesia pada kebutuhan tarif murah yang ditawarkan beberapa operator, keberadaan Polytron Wizard W2400 memiliki arti tersendiri bagi konsumen dalam negeri.

Secara ringkas, berikut spesifikasi Android lokal murah yang bernama Polytron Wizard W2400:
  • Prosesor Qualcomm 7227A 1 GHz
  • Memory 512 ROM, dan 512 RAM
  • Layar WVGA 4 inch IPS LCD screen
  • Android 2.3 (Gingerbread)
  • Dual SIM Support
  • 3G HSDPA
  • Kamera 5 MP
  • GPS dengan A-GPS
  • Bluetooth
  • Wi-Fi
  • FM Stereo
  • Baterai 1650 mAh

Itulah sekilas tentang Android Lokal Murah, Polytron Wizard W2400. Menurut informasi terkini,  Polytron Wizard W2400 ini dibanderol dengan harga Rp 1.799.000, yang tentu dalam prakteknya di toko-toko handphone akan sangat bervariasi. Semoga bermanfaat. Salam



Perbedaan antara Paspor dan Visa

Seringkali kita mendengar istilah paspor dan visa. Meski nampak familiar, kadang kita tidak tahu perbedaan antara kedua dokumen tersebut sehingga sering tertukar dalam menyebutnya. Nah, agar lebih jelas, mari kita telusuri apa itu paspor dan apa pula itu visa, serta apa perbedaan antara paspor dan visa tersebut. 

Secara definisi, parpor merupakan surat keterangan yang dikeluarkan oleh Pemerintah suatu negara untuk seorang warganya yang akan melakukan perjalanan keluar negeri. Sementara itu, visa merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh negara tertentu sebagai pemberian ijin bagi seseorang untuk memasuki negara tersebut dalam suatu periode serta tujuan tertentu. 

Perbedaan antara Paspor dan Visa

Nah, dari kedua definisi itu, dapat kita simpulkan bahwa perbedaan utama antara paspor dan visa adalah peruntukkan keduanya: paspor untuk warga negara sendiri, sementara visa untuk warga negara asing dari suatu negara. Dengan kata lain, jika kita ingin bepergian keluar negeri, tentu hal pertama yang harus kita urus adalah Paspor, yang nantinya berfungsi sebagai identitas, layaknya KTP, ketika kita akan memasuki suatu negara tertentu, sementara visa merupakan surat ijin resmi untuk kita yang akan melakukan suatu aktivitas di negara yang akan kita kunjungi tersebut.

Paspor menurut jenisnya dibedakan menjadi beberapa yang diantaranya sebagai berikut:
  • Paspor biasa, untuk perjalanan ke luar negeri reguler;
  • Paspor Diplomatik, khusus untuk perwakilan suatu negara;
  • Paspor dinas/resmi, untuk pegawai negeri atau pegawai pemerintah;
  • Paspor kelompok, untuk kelompok, misalnya anak-anak yang sedang liburan.
Visa menurut tujuannya terdiri dari beberapa jenis, yaitu diantaranya:
  • Visa kunjungan sementara untuk tujuan kunjungan keluarga;
  • Visa kunjungan sementara untuk tujuan kunjungan teman;
  • Visa kunjungan sementara untuk tujuan kunjungan wisata dengan biaya sendiri;
  • Visa kunjungan sementara untuk tujuan bisnis;
  • Visa kunjungan sementara berkali-kali;
  • Visa khusus, untuk tujuan belajar/bekerja/pelatihan/menetap dalam jangka waktu tertentu;
  • Visa transit.
Itulah perbedaan antara paspor dan visa. Dengan membaca informasi singkat ini, tentu sobat saat ini dapat membayangkan perbedaan kedua dokumen tersebut dan selanjutnya mampu memanfaatkan kedua jenis dokumen itu untuk masing-masing keperluan. Semoga bermanfaat. Salam.



Jadwal Cuti Bersama Lebaran 2012

Cuti Lebaran tahun 2012 akan segera kita nikmati. Beragam persiapan mudik mungkin saja telah kita lakukan. Akan tetapi, masih ada sebagian masyarakat yang ragu kapan cuti tersebut dapat dinikmati, atau bagi mereka yang ingin memanfaatkan pelayanan publik, kapan cuti tersebut berlaku sehingga mereka tidak harus menemukan kantor kosong tanpa pelayanan. Untuk menjawabnya, berikut Blogger Gundul sajikan jadwal cuti bersama Lebaran tahun 2012.

Jadwal Cuti Bersama Lebaran 2012

Cuti Bersama Lebaran tahun 1433 Hijriyah atau bertepatan dengan tahun 2012 Masehi ini menurut Kalender Nasional jatuh pada hari Selasa dan Rabu, tanggal 21 dan 22 Agustus 2012. Sementara Libur Lebaran Jatuh pada tanggal 19 dan 20 Agustus 2012. Hal ini berarti jika ada instansi atau Lembaga yang menerapkan sistem 5 hari kerja, kebebasan tidak masuk kerja akan dapat dinikmati dari tanggal 17 Agustus hingga tanggal 22 Agustus 2012 atau selama 6 hari, kecuali yang diwajibkan masuk tanggal 17 Agustus untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-67 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sebagai efeknya, tentu dunia perkantoran akan tutup pada rentang waktu tersebut, kecuali beberapa kantor Pemerintah yang tetap akan membuka kantor pelayanannya dengan sistem piket. Menurut sejumlah informasi yang Blogger Gundul peroleh, sejumlah kantor pelayanan seperti rumah sakit, dishubkominfo, dan pemadam kebakaran akan tetap membuka pelayanan. Sementara itu, dunia perbankan juga ada sebagian yang masih membuka pelayanannya.

Dari jadwal cuti Lebaran yang telah ditetapkan dalam Kalender Nasional serta libur Lebaran yang cukup lama tersebut, ada beberapa hal yang dapat sobat Blogger Gundul perhatikan yaitu:
  • Cek kembali dokumen-dokumen pribadi yang harus diperbaharui; 
  • Mengurus segala keperluan administrasi sebelum atau sesudah masa tersebut;
  • Mengambil dan menyediakan uang yang cukup selama liburan;
  • Mengumpulkan informasi jalur alternatif jika mau mudik;
  • Memanfaatkan periode tersebut untuk bersilaturahmi bersama keluarga.

Itulah sekilas informasi tentang jadwal cuti bersama Lebaran tahun 2012. Manfaatkan waktu secara bijak dan nikmati libur tersebut bersama keluarga. Semoga bermanfaat. Salam


Samsung Galaxy Ace Duos Muncul 2 Versi

Beberapa waktu yang lalu, saya membidik Samsung Galaxy Duos untuk mendukung aktivitas keseharian. Waktu itu, Ace Duos belum masuk di Indonesia, namun telah beredar di India. Ternyata, setelah tiba di Indonesia, Galaxy Ace Duos tidak seperti yang saya idam-idamkan sebelumnya, yakni bekerja dalam jaringan GSM-CDMA. Samsung Galaxy Ace Duos yang saat ini beredar di Indonesia bekerja pada jaringan GSM-GSM. 

Setelah menguak kembali Galaxy Ace Duos tersebut, ternyata memang gadget ini dikeluarkan dalam dua versi, yakni seri S6802 (GSM-GSM) dan SCH- I589 (GSM-CDMA).  Apa perbedaan lain dari kedua versi Galaxy Ace Duos ini, berikut beberapa diantaranya:

Galaxy Ace Duos Seri S6802
Dimensi Ukuran 112.7x61.5x 11.5 mm dengan berat 122 gram
Kamera 5 megapixel
Prosesor 832 MHz
Android 2.3 (Gingerbread)
Baterai 1300 mAh


Galaxy Ace Duos Seri SCH-I589
112.4x59.9x12.5 mm dengan berat 125 gram
Kamera 3.15 megapixel
Prosesor 800 MHz
Android 2.2 (Froyo)
Baterai 1650 mAh

Sekilas, model serta bentuk fisik kedua Ace Duos sangat identik, namun ketika kita menengok fitur-fiturnya, nampak Samsung telah membidik segmen khusus dari kedua produknya tersebut. Hal ini mungkin saja merupakan strategi pasar Samsung untuk meraih pelanggan tertentu.

Setelah melihat realita bahwa Samsung Galaxy Ace Duos yang hadir di Indonesia saat ini demikian adanya, saya pun mulai mengalihkan bidikan pada gadget lain seraya berharap Ace Duos yang versi GSM-CDMA juga dihadirkan di negeri ini dengan spesifikasi yang telah diperbaharui.

Demikian beberapa informasi tentang Samsung Galaxy Ace Duos yang ternyata muncul dalam dua versi. Semoga bermanfaat. Salam.


Apa itu Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Seringkali kita mendengar kata Kartu Tanda Penduduk. Bahkan meskipun kita memilikinya, sering kita lupa definisi KTP itu sendiri, ataupun elemen apa saja yang ada dalam kartu identitas tersebut. Nah, agar lebih dekat dengan dokumen pribadi ini, berikut Blogger Gundul sajikan infromasi sekilas tentang apa itu KTP.

Apa itu Kartu Tanda Penduduk (KTP)

KTP atau kepanjangan dari Kartu Tanda Penduduk merupakan kartu identitas resmi seseorang sebagai penduduk suatu wilayah yang umumnya dikeluarkan oleh Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil terdekat. KTP merupakan kartu identitas resmi di Indonesia yang harus dimiliki seseorang yang telah berusia 17 tahun atau yang sudah menikah. Kartu ini berlaku selama 5 tahun dan wajib diperpanjang, kecuali yang telah berusia 60 tahun, atau yang telah memiliki KTP seumur hidup. 

Secara rinci, KTP berisi beberapa elemen informasi sebagai berikut:
  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Nama lengkap pemilik
  3. Tempat lahir pemilik
  4. Tanggal lahir pemilik
  5. Jenis kelamin pemilik
  6. Alamat pemilik
  7. Agama pemilik
  8. Kewarganegaraan pemilik
  9. Golongan darah pemilik
  10. Foto pemilik
  11. Tanda tangan atau cap jempol
NIK dalam hal ini sedang dikembangkan sebagai ketetapan yang tidak bisa diubah, dan akan dimanfaatkan sebagai kunci akses verifikasi dan validasi jati diri seseorang. Meski saat ini mulai diperbaharui dengan E-KTP yang lebih sentral, KTP masih dikeluarkan secara manual oleh masing-masing daerah.

Pada beberapa kesempatan, KTP dapat saja digantikan keberadaannya dengan SIM, dengan syarat informasi yang dibubuhkan sama. Akan tetapi, sebagai identitas resmi seseorang, KTP menjadi sebuah barang penting yang harus selalu ada ketika kita berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Itulah sekilas informasi tentang apa itu KTP. Syarat-syarat pengurusan KTP dapat sobat temukan di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil terdekat. Semoga bermanfaat. Salam.




Macam-Macam Dokumen Pribadi

Seringkali kita mendengar kata dokumen pribadi. Sebagai warga negara yang baik, dokumen-dokumen pribadi erat kaitannya dengan pemenuhan hak serta kewajiban. Akan tetapi, tidak semua orang tahu apa saja dokumen pribadi tersebut. Untuk itu, berikut Blogger Gundul sajikan macam-macam bentuk dokumen pribadi.

Macam-Macam Dokumen Pribadi

Dokumen atau surat-surat pribadi yang wajib kita miliki ada beberapa, yang meski tidak selalu kita gunakan, manfaatnya sangat kita perlukan. Apa saja itu? Berikut beberapa diantaranya:

  • Akte Kelahiran
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Akta Perkawinan
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Ijazah
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Paspor
  • Visa
  • Surat Ijin Mengemudi (SIM)
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) 

Dokumen-dokumen pribadi tersebut memang tidak setiap hari kita gunakan, namun pada kesempatan tertentu, keberadaannya sangat kita butuhkan. Kesemuanya harus sinkron, artinya data-data yang kita bubuhkan ke setiap dokumen harus sama, terlebih nama. Nama dalam setiap dokumen harus sama, tidak boleh sedikitpun menyimpang, bahkan satu huruf pun.

Meskipun harus sinkron satu sama lain, masing-masing dokumen memiliki fungsi sendiri dan dikeluarkan juga oleh beberapa instansi yang berbeda pula. Umumnya, akte kelahiran akan menjadi patokan pertama penyesuaian identitas seseorang. Akan tetapi pada kasus-kasus tertentu, patokan tersebut bisa saja berubah, disesuaikan dengan ijazah atau dokumen lain yang memungkinkan.

Nah, itulah macam-macam dokumen pribadi yang harus sobat perhatikan keberadaannya. Meskipun ada yang tidak wajib dimiliki, semua dokumen tersebut memiliki arti serta fungsi khusus yang akan sobat butuhkan pada momen serta kondisi tertentu pula. Semoga bermanfaat. Salam



Olimpiade 2012 Berakhir, Indonesia Urutan 63

Olimpiade Musim Panas Tahun 2012 baru saja usai, Indonesia berada pada urutan 63 (Rank by Gold). Capaian ini tentu menjadi renungan kita bersama ketika ternyata dari 22 atlet yang dikirim ke ajang internasional tersebut, hanya 2 orang yang mampu membawa pulang medali, itupun hanya medali perak dan perunggu. Bagaimana sepak terjang Indonesia dalam ajang bergengsi tersebut? Berikut ulasan singkatnya.

Indonesia dalam Olimpiade yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juli hingga 12 Agustus tahun 2012 di London mengirimkan para pejuangnya sebanyak 22 atlet, yang terbagi dalam 8 ajang, yakni bulu tangkis, angkat besi, atletik, anggar, panahan, renang, judo, dan menembak. Dari cabang-cabang tersebut, Indonesia hanya mampu merebut dua medali dari cabang angkat besi, dengan rincian medali perak diraih oleh Triyatno pada angkat besi 69 kg putra serta medali perunggu oleh Eko Yuli Irawan pada angkat besi 62 kg putra.

Olimpiade 2012 Berakhir, Indonesia Urutan 63

Jika kita lihat sekilas, Indonesia awalnya sangat berharap pada cabang bulu tangkis, beberapa medali dapat diraih, tapi pada kenyataannya, atlet-atlet Indonesia gugur tanpa sempat membawa pulang satu medali pun. Memang dalam suatu pertandingan, kalah dan menang adalah sebuah hal yang biasa, namun harapan untuk meraih kemenangan tersebut saat ini menjadi sebuah kekecewaan yang semoga saja tidak terulang di masa-masa yang akan datang. 

Terlebih pada pertandingan bulu tangkis, Indonesia sempat menerima diskualifikasi pemain karena beberapa atlet dinilai tidak bermain sepenuh hati dan bersikap tidak sportif untuk memanipulasi undian di laga perempat final. Tentu kejadian ini menjadi sebuah pelajaran berarti bagi atlet-atlet Indonesia di masa yang akan datang untuk lebih mempersiapkan diri menjadi tumpuan harapan bangsa.

Akhirnya, meski harus puas di urutan 63 (Rank by Gold) dengan 2 medali, Indonesia masih bisa berlega hati karena posisi ini juga diduduki oleh beberapa negara lain seperti Bulgaria, Estonia, Malaysia, Puerto Rico, dan China Taipeh (menurut www.London2012.com). Indonesia juga harus belajar dari para pemenang ajang bergengsi ini, dari juara pertama USA, juara kedua RRC, serta juara ketiga Inggris Raya. 

Itulah hasil akhir Indonesia pada urutan 63 dalam ajang Olimpiade 2012 di London, Inggris. Mari kita dukung Indonesia untuk mendulang medali di ajang bergengsi ini selanjutnya dengan memainkan peran masing-masing. Salam