Bahaya Autolike Status di Facebook

Kadang kita ingin menunjukkan perhatian kepada teman dengan selalu me-like status mereka dengan memanfaatkan aplikasi autolike. Akan tetapi, sering kita tidak menyadari bahwa hal itu kadang justru menjadi boomerang bagi kita sendiri. Kenapa? Karena autolike tersebut menyimpan potensi bahaya bagi kita sendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut Blogger Gundul sajikan bahaya autolike status di Facebook.

Bahaya Autolike Status di Facebook
Pada dasarnya, menyukai (like) status teman merupakan salah satu bentuk perhatian sekaligus cara kita untuk selalu terhubung dengan orang-orang yang kita tuju, namun jika maksud tersebut kita serahkan kepada robot dengan autolike, hasilnya tentu tidak selalu sama seperti yang kita harapkan. Setidaknya, ada beberapa hal yang harus kita tanggung dari autolike tersebut seperti diantaranya:

Dianggap Spam
Like atau kesukaan kita akan dianggap spam justru oleh orang yang kita tuju karena tiap kali ada notifikasi, mereka hanya menemukan tanggapan like (suka) dengan status kita tanpa adanya komentar. Selain mereka akan tahu bahwa "like" tersebut bukan dari kita, alias dari robot, bagaimana jika yang kita "like" tersebut status yang menyedihkan atau hal yang tidak pantas kita "like"? Tentu bukan sebuah perbuatan yang bijaksana bukan?

Wall Terisi Status Lain
Dengan autolike, wall kita akan terisi apa yang mereka tulis atau bagi. Bayangkan jika ada teman yang tiba-tiba menulis status yang tidak pantas dan kita meng-like-nya, tentu kita akan dianggap teman lain sebagai pendukung bukan? efek samping dari like ini tentu akan negatif dan kita yang sebenarnya tidak secara sadar meng-like nya (karena memang robot yang melakukannya) justru kena getahnya.

Pencurian Akses Token
Aplikasi autolike sering mengharuskan kita memberika akses token. Hal ini sangat membahayakan karena bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab, akses token tersebut dapat dijadikan pintu masuk untuk membobol akun kita dan memanfaatkannya demi hal-hal yang mereka inginkan, dan tentu tidak akan mereka pertanggunjawabkan.

Itulah sekilas tentang bahaya autolike versi Blogger Gundul. Memang tidak semua niat baik dianggap serta berakhir dengan hal-hal yang baik pula. Jadi, marilah kita pahami teknologi sebagai bagian untuk mempermudah kehidupan, bukan justru mempersulitnya. Semoga bermanfaat. Salam.


Kategori:

16 komentar:

  1. @MNF: Makasih dah berkunjung Sob...

    BalasHapus
  2. menanggapi pertanyaan anda di http://dingklik.heck.in
    emang sekarang auto like jarang yang work termasuk yang saya share
    tp kalau anda pake yg aman misal likelo.com itukan tanpa spam ,dan saya jarang menemukan orang hack fb dengan cara itu kalaupun bisa pasti dia sudah hacker yang bisa di bilang senior

    BalasHapus
  3. @Kcanx: Memang autolike, bagaimanapun caranya, memiliki segudang risiko bagi penggunanya. Makasih dah berkunjung Sob...

    BalasHapus
  4. kunjungi juga blog saya min.
    www.bloganaksambas.blogspot.com

    BalasHapus
  5. @Hori Setiawan: Ok Sob, happy blogging..
    @David Chelsea: Iya Sob, begitu, hehhe

    BalasHapus
  6. makasih sob pencerahannya :)
    jadi ragu mau pake autolike, hheehe

    BalasHapus
  7. cara mengetahui itu autolike ato like asli di status teman, gmn gan?

    BalasHapus
  8. @Putra H: Makasih kunjungannya Sob.
    @Agung Ak: Sama-sama sob, memang harus bijak memakai autolike.
    @Cukup mudah mengetahuinya autolike. Aplikasi ini akan selalu nge-like apapun status sobat. JAdi, coba aja sobat pantau ketika update status yang tidak semestinya di-like, namun temen tetap nge-like, maka bisa dipastikan itu robot...

    BalasHapus
  9. bukan berati like pda status suka jg sma status yg d tulis..bsa jd like status krna udd biasa saling like apapun statusnya minumnya teh botol sosro,
    kmbli k kitanya sndri,tergantung niat yg pastinya

    BalasHapus
  10. apaupun judul'a or doaminya, autolike banya resikonya..
    btul gag mas gundul?

    BalasHapus
  11. @Zoe Aziz: Memang, "like" sering disalahgunakan hanya agar kita nampak perhatian, padahal sebenarnya kadang sangat meneybalkan.
    @Febiansyah: Yup, memang autolike banyak risikonya, termasuk kejengkelan kita terhadap yang make, ya kan?

    BalasHapus
  12. #ALL:: tapi sekarang facebook sudah menyediakan fasilitas untuk menHack facebook orang lain.

    BalasHapus