Yang Perlu Dilakukan Pasca Banjir


Banjir yang melanda Ibu Kota menyisakan kisah sedih yang sangat memprihatinkan. Akan tetapi, optimisme harus tetap ada dalam diri untuk kembali bangkit dan membuat keadaan menjadi lebih baik. Masih banyak pekerjaan yang dapat sobat lakukan pasca banjir. Buat sobat semua, berikut Blogger Gundul sajikan alternatif kegiatan yang perlu dilakukan setelah banjir.

Yang Perlu Dilakukan Pasca Banjir
Pada dasarnya, banjir membawa dampak yang beragam bagi kehidupan. Hal ini dikarenakan air yang meluap dan memenuhi lingkungan merupakan air kotor yang tercampur beragam zat berbahaya, sekaligus potensi bibit penyakit yang beraneka ragam. Setidaknya, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan pasca banjir:
  • Mencegah Meluasnya Penyakit. Penyakit pasca banjir yang umumnya menyerang manusia adalah penyakit kulit, diare, leptospirosis, ISPA, hingga demam berdarah. Dengan mengetahui jenis-jenis penyakit ini, kita hendaknya waspada dan menyiapkan upaya pencegahan maupun pengbatannya sedini mungkin;
  • Membersihan Rumah: Yang dapat kita lakukan pertama kali tentu membersihkan lantai dari berbagai kotoran serta lumpu, mengelap furniture, dan mencuci pakaian yang terkena lumpur ketika banjir tiba;
  • Mengamankan Alat Listrik dan Elektronik: Setelah banjir berlalu, alat listrik maupun elektroniks ering kemasukan air maupun lumpur sehingga jangan langsung dipakai. Cabut steker dan bongkar mesinnya untuk membersihkan semua kotoran yang menempel. Jika ragu-ragu, serahkan pada ahlinya.
  • Membersihkan Kendaraan: Untuk urusan kendaraan yang terkena air ketika banjir, kita dapat saja membersihkan bagian luarnya, namun untuk urusan mesin dan dalaman kendaraan, serahkan saja pada bengkel untuk hasil yang optimal;
  • Antisipasi Banjir Selanjutnya: Dengan melihat potensi banjir yang telah melanda, kita tentu dapat memprediksi akan sejauh mana bahaya banjir yang mungkin saja masih akan terjadi. Untuk meminimalisir risiko, persiapkan pengaman yang memadai untuk semua property kita di rumah, khususnya dokumen-dokumen penting serta barang-barang yang berharga mahal.
Itulah sekilas beberapa kegiatan yang perlu dilakukan pasca banjir. Melakukan sesuatu yang bermanfaat jauh lebih baik daripada mencari-cari siapa yang salah atas sebuah tragedi. Mari kita tetap optimis bahwa hari esok pasti lebih baik dengan niat serta tekad kita bersama untuk memperbaikinya. Semoga bermanfaat. Salam.


Kategori:

1 komentar:

  1. makasih gan penjelasan artkel di blognya

    moga ilmunya manfaat

    BalasHapus